Selasa, 21 Agustus 2012

Bentuk Bentuk Awan Paling Aneh

Seperti yang kita ketahui, awan terbentuk ketika uap air di udara meluap menjadi titik-titik air dan berkumpul menjadi satu di angkasa. Dalam proses pembentukannya, awan dapat hadir dalam berbagai macam bentuk, dari berdiri sendiri sampai berbentuk gumpalan, tipis maupun tebal, berkumpul atau pun tersebar luas. Namun, terkadang awan yang terbentuk, dengan berbagai cara dapat memiliki penampilan yang aneh dan jauh berbeda dari bentuk awan yang biasa kita lihat. Berikut galeri BerbagaiHal dari bentuk awan yang paling aneh di dunia.

Awan Berbentuk Wajah

Bentuk Awan Paling Aneh di Dunia

Agustus 2011 silam di New Brunswick, Kanada, seorang pengguna YouTube dengan nama pengguna "denisfarmer" merekam sebuah video dari awan yang tampak berbentuk seperti sesosok wajah. Awan berbentuk profil wajah seorang pria ini muncul ketika bagian depan sebuah badai bergerak melintasi langit.

Gulungan Awan

Bentuk Awan Paling Aneh di Dunia

Februari 2012 yang lalu, "gulungan awan" yang langka dan indah difoto rendah di atas langit Samudera Atlantik dekat Brasil. Gulungan awan sering lahir dari aliran udara yang turun dari sebuah badai. Udara dingin yang menyusut menyebabkan udara yang hangat dan lembab di dekat permukaan laut naik, dan ketika udara mencapai ketinggian yang lebih tinggi, kelembaban di dalamnya mengembun membentuk awan. Angin dari badai lalu menggulung awan menjadi bentuk sebuah tabung.

Lubang di Langit

Bentuk Awan Paling Aneh di Dunia

Para pemercaya UFO memiliki minat yang kuat dalam pembentukan awan aneh ini ketika muncul di atas Moskow pada tahun 2009. Tapi ahli meteorologi mengidentifikasi cincin cahaya ini sebagai efek optik yang disebabkan oleh sinar matahari yang menerpa apa yang dikenal sebagai "awan lubang". Awan ini berbentuk bulat atau oval pada lapisan tipis udara yang mengandung tetesan air super dingin. Ketika bagian dari lapisan ini terganggu, misalnya oleh angin atau pesawat jet yang melewatinya, tetesan air ini dapat langsung membeku atau menguap, dan meninggalkan sebuah lubang.

Awan Berbentuk Topi

Bentuk Awan Paling Aneh di Dunia

Awan berbentuk seperti topi ini terbentuk di atas gunung Fuji, Jepang pada 21 Juni 2012 lalu. Formasi tersebut, yang disebut awan lenticular, biasanya terjadi ketika udara lembab mengalir di atas sebuah gunung dan kemudian mengembun.

Awan di atas Abu Vulkanik

Bentuk Awan Paling Aneh di Dunia

Astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional mengambil foto letusan gunung berapi Sarychev yang terletak di Kepulauan Kuril, Rusia pada tahun 2009. Foto itu juga menangkap beberapa aktivitas atmosfer yang agak tidak biasa di bagian atas semburan abu vulkanik. Menurut NASA, awan putih di atas abu vulkanik tersebut mungkin terbentuk dari kondensasi air yang dihasilkan dari kenaikan dan pendinginan cepat dari massa udara di atas semburan abu vulkanik.

Awan Berbentuk Tsunami

Bentuk Awan Paling Aneh di Dunia

Serangkaian ombak yang besar terlihat berjajar di cakrawala di Birmingham, Desember 2011 lalu. Tapi ombak tersebut tidak terjadi di lautan melainkan di langit. Formasi awan yang luar biasa ini adalah contoh murni dari "gelombang Kelvin-Helmholtz", yang berkembang ketika lapisan awan yang bergerak cepat berada di atas lapisan yang bergerak lebih lambat dan lebih tebal, menyeret permukaannya dan menyebabkan puncak-puncak lapisan tebal untuk bergerak maju.

Awan Badai Supercell

Bentuk Awan Paling Aneh di Dunia

Formasi awan ini adalah jenis badai yang paling parah, yaitu supercell. Awan ini terlihat pada Mei 2011 di Texas, dan memunculkan setidaknya satu tornado. Apa yang anda lihat pada gambar di atas adalah putaran badai supercell, dan pola kondensasi di dasar awan membentuk penampilan "sabuk" atau "dinding" ketika udara terangkat dan terhisap ke dalam badai yang berputar-putar.

Gumpalan Awan

Bentuk Awan Paling Aneh di Dunia

"Awan mammatus" ini difoto di atas Hastings, Nebraska, setelah badai yang merusak pada Mei 2005. Meskipun pembentukan mereka tidak sepenuhnya dipahami, awan yang langka ini biasanya berkembang di dasar badai, dan muncul dan membentuk gumpalan karena ketidakstabilan dan perbedaan suhu antara udara yang turun dan naik.
 

ads

Ditulis Oleh : Anonymous Hari: Selasa, Agustus 21, 2012 Kategori:

0 komentar:

Poskan Komentar