Jumat, 17 Agustus 2012

Mengapa Para Atlet Menggigit Medali Mereka ?

Mengapa para peraih medali dari setiap cabang olahraga, dan dari setiap negara akan menggigit medali mereka ketika berada di podium? Dan darimanakah tradisi ini berasal? Menurut atlet peraih medali Olimpiade empat kali, Summer Sanders, kebiasaan ini dilakukan terutama karena para fotografer tak henti-hentinya meminta mereka untuk melakukannya, biasanya pada akhir sesi pemotretan podium. Sedangkan, tradisi menggigit medali ini kemungkinan berasal dari praktek yang telah dilakukan sejak lama yang digunakan untuk menguji apakah sesuatu objek benar-benar terbuat dari emas atau bukan dengan cara menggigitnya. Karena, emas adalah logam yang sangat lembut, paling tidak lebih lembut dari enamel gigi, sehingga jika emas itu cukup murni, anda dapat meninggalkan beberapa tanda gigitan di permukaannya.

Mengapa Para Atlet Menggigit Medali Mereka

Praktek menggigit logam mulia ini juga memungkinkan seseorang untuk melihat kalau-kalau suatu objek adalah benar-benar emas, dan bukannya logam lain yang disepuh emas. Namun, medali emas Olimpiade pada masa kini sudah tidak lagi terbuat dari emas padat (hal ini sudah dilakukan sejak tahun 1912). Sebaliknya, medali emas sebagian besar terbuat dari inti perak yang kemudian dilapisi oleh beberapa gram emas. Meskipun begitu, jika anda menggigit medali perak berlapis emas ini, anda tetap dapat membuatnya penyok karena walupun perak lebih keras dari emas, tetapi perak tetap lebih lembut dari email gigi.

Menggunakan skala kekerasan mineral Mohs, kita dapat mengetahui bahwa email gigi dinilai dengan skala 5, sedangkan nilai emas adalah sekitar 2,5 dan perak adalah 2,7. Selain itu, enamel gigi juga memiliki skala yang lebih tinggi daripada tembaga, yang sebagian besar digunakan sebagai bahan dasar pembuatan medali "perunggu" Olimpiade, jadi anda juga dapat meninggalkan tanda gigi pada medali perunggu.

Terlepas dari kenyataan bahwa tidak ada atlet yang benar-benar mencoba untuk membuat tanda gigi pada medali mereka atau memeriksa keaslian medali mereka, tradisi ini telah bertahan sejak lama dan para fotografer tidak akan membiarkan tradisi ini hilang begitu saja. Karena tradisi ini dapat membuat gambar para atlet peraih medali Olimpiade di podium lebih menarik dibanding jika para atlet tersebut hanya memegang medali mereka di depan muka mereka atau sejenisnya.
 

ads

Ditulis Oleh : Anonymous Hari: Jumat, Agustus 17, 2012 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar